Masa awal kehamilan  biasanya perut tuh berasa ga nyaman banget,,,MUAL dan bisa muntah juga..tapi bawaan baby sik beda-beda yaa..

Mual dan muntah pada bumil muda tuh katanya karena peningkatan hormon HCG (Human chorionic gonadotropin) dalam tubuh.

Secara alami hormon tersebut berguna untuk mempertahankan kehamilan. Setelah pembentukan ari – ari bayi maka perlahan lahan keluhan mual muntah juga pusing akan berkurang. Selain perubahan hormon, juga akan terjadi banyak hal lain misalnya sistem peredaran darah dan penyesuaian bentuk  tubuh ibu hamil  sebagai adaptasi terhadap kehamilan yang sedang berlangsung.

Perubahan – perubahan hormon dan pembesaran rahim tersebut menyebabkan gerakan usus terganggu. Keluhan umum yang sering dirasakan adalah yang dirasakan antaralain mual  dan muntah, rasa penuh pada lambung, nyeri ulu hati terasa seperti terbakar. Sekali lagi semua ini dalam batas normal. Sebagai pengaruh dari hormon kehamilan.

(Read more: http://doktersehat.com/tips-mengatasi-mual-dan-muntah-saat-hamil/#ixzz28Jo3017N)

Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi agar bunda bisa menjalani kehamilan dengan nyaman…sedikit share sik,,heee..

  1. Saat bangun tidur, minum segelas air hangat dengan sedikit biskuit sereal atau roti. Hal ini untuk menetralisir asam lambung yang banyak diproduksi saat bunda tidur semalaman. (Oia..bangun tidurnya janga lupa posisi miring yak,,,biar ga terjadi penekanan di rahim bunda..jd ga bikin kram gt..hehehe)
  2. Makanlah dalam jumlah sedikit tapi sering. Ini akan memberi kesempatan lambung mencerna makanan secara bertahap dan mencegah menumpuknya jumlah cairan asam lambung yang membuat perut terasa mual dan penuh.
  3. Siapkan selalu makanan ringan dalam tas / saku saat berpergian untuk mengantisipasi timbulnya rasa lapar selama bunda beraktivitas di luar rumah. Soalnya kalo laper bisa bikin mual loo..
  4. Minum dalam jumlah yang cukup, sekitar 8-10 gelas sehari.  Cairan yang masuk tidak harus berupa air minum aja, bisa berbentuk makanan berkuah, buah-buahan yang banyak kandungan airnya atau minum susu khusus untuk bumil. Disamping menambah cairan, susu juga memberikan tambahan asupan zat gizi yang sangat diperlukan janin. Susu UHT juga bagus kok buat bumil yang ga suka konsumsi susu bumil..tapi g boleh dikonsumsi berlebih,,dibuat selang seling sama susu bumilnya..biar lama-lama kebiasa..
  5. Ciptakan variasi untuk susu, seperti menambahkan sirup beraroma, mencampurnya dengan buah segar atau dibuat puding..nyummy, Eh konsumsi susu kedelai juga bagus loh.. karena selain anti kanker juga mengandung antioksidan, lesithin, isoflavon dan saponin, zat-zat yang mencegah peradangan dan pertumbuhan sel yang tidak normal. Mitosnya susu kedelai juga bisa bikin tubuh si baby putih dan bersih, walopun sebenernya warna kulit lebih ditentukan melanin, pigmen di kulit dan merupakan faktor keturunan….xixixixi

Tetep semangat  jalanin masa kehamilan ya bundaa.. menikmati setiap pertumbuhan si baby tuh ngalahin semua hal-hal yang bikin kita ngerasa ga nyaman…tetep jaga kesehatan dan jangan pernah lupa sarapan (^__^)/ semangat!